img

Mengenal Tasawuf dan Tarekat Tijaniah

  • 18IIK207 Aura Aulia Azzahra
  • 16 Sep 2020 13:26
  • Akhlak

Pendahuluan 

Islam merupakan agama yang senantiasa membawa keselamatan dan kesejahteraan kepada manusia dengan cara berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. yang di dalamnya terdapat tasawuf. 

 

Tasawuf

Tasawuf adalah upaya untuk melatih jiwa dengan berbagai kegiatan yang dapat membesarkan dirinya dari pengaruh dunia untuk tercermin akhlak yang mulia dan senantiasa pelakunya dekat dengan Allah SWT.

● Kedudukan Tasawuf Dalam Islam 

Pertama, sebagai metode/jalan untuk mendapatkan kenikmatan dalam beribadah. Kedua, metode untuk mencapai derajat ihsan, karena tasawuf mempuanyai sumber yang kuat dari Islam. Ketiga, tasawuf sebagai sarana memperkuat mental, ketabahan dalam beribadah. Keempat, tasawuf sebagai landasan mengaplikasikan rasa syukur. 

● Manfaat Tasawuf 

Tasawuf memiliki banyak manfaat antara lain, yaitu dapat membersihkan hati dalam berinteraksi dengan Allah, membersihkan diri dari pengaruh materi, menerangi jiwa kegelapan, memperteguh keyakinan agama, mempertinggi akhlak manusia, dan masih banyak lagi.

● Tujuan Tasawuf 

Tasawuf bertujuan memperoleh hubungan langsung dengan Allah SWT. Sehingga seseorang akan merasa berada dihadirat-Nya. Selain itu tasawuf bertujuan untuk kebersihan diri dan taqorrub kepada Allah SWT.

● Sejarah Tasawuf Dalam Islam 

Adanya tasawuf dalam Islam bersamaan dengan kelahiran agama Islam, yaitu semenjak Nabi Muhammad SAW diutus sebagai Rasul untuk seluruh umat manusia dan seluruh alam semesta.

● Kaitan Tasawuf Dengan Tarekat 

Hubungannya saling berkaitan, tasawuf adalah usaha mendekatkan diri kepada Allah, dan tarekat adalah cara/jalan yang ditempuh seseorang dalam usahanya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

 Tarekat Tijaniah

○ Tokoh pendiri tarekat Tijaniah adalah Syekh Abul Abbas Ahmad At-Tijani (1150-1230 H/1737-1815 M)

○ Dalam menjalankan ritual ibadah, tarekat ini lebih banyak menyederhanakan aspek ritual dan mendorong kekuatan buat sebagai langkah utama

○ Ajaran tarekat Tijaniah, adalah melarang murid-murid nya mengunjungi makam Syekh-Syekh terdekat dan tidak diperbolehkan merangkap menjadi anggota tarekat lainnya

○ Di dalam tarekat Tijaniah, terdapat dua macam dzikir, yaitu

1. Dzikir Lazim (yang harus diamalkan)

Dzikir lazim yang harus diamalkan oleh setiap murid Tijaniah terdiri dari tiga macam:

a. Wirid lazim, diamalkan dua kali sehari(pagi dan sore hari)

b. Wirid wazhifah, dilaksanakan dua kali dalam sehari semalam(siang dan malam hari)

c. Wirid hailalah, dilakukan setelah shalat Ashar hari Jumat sampai maghrib.

2. Dzikir Ikhtiyari (yang lebih baik kalau diamalkan)

○ Kaitan Dengan Tarekat Lainnya

Kaitan Tarekat Tijaniah dengan tarekat lainnya adalah memiliki tujuan yang sama yaitu mengosongkan upaya duniawi dengan mementingkan upaya akhirat.

 

 Cara pengamalan tasawuf yaitu membersihkan diri dari perbuatan yang tercela dan menghiasi diri dengan perbuatan terpuji; melakukan serangkaian ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, mari kita semua mulai membiasakan diri untuk bertasawuf niat lillahi ta'ala ,banyak manfaat yang kita dapatkan dari bertasawuf, tujuan tasawuf salah satunya untuk memperoleh hubungan langsung dengan Allah SWT. Sehingga kita akan merasa berada di hadirat-Nya

All Comments

No Comments

Your Comment

Sponsor

Categories

Top News

Tags

Share Links